-->
  • Jelajahi

    Copyright © GHSNEWS.ID | BERITA INDONESIA TERKINI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    MS Rizal, Calon Dekot Kecamatan Gambir Mengucapkan Selamat Idul Adha 1425 H

    GHSNews.id
    Senin, 17 Juni 2024, 16.08 WIB Last Updated 2024-06-17T09:08:43Z

    GHSNEWS.ID | JAKARTA — Idul Adha dirayakan satu hari pada 10 Dzulhijjah yang bertepatan dengan akhir musim haji dan menjadi tanda dari puncak ibadah haji di Mekah serta biasanya dirayakan 70 hari setelah Idul Fitri. 

    Pagi hari saat waktunya tiba, umat Islam biasanya menunaikan sholat Iedhul Adha di tanah lapang atau masjid.

    Setelah itu, mereka akan melakukan prosesi penyembelihan hewan kurban. Daging hewan kurban tersebut lalu dibagikan kepada keluarga, tetangga, dan orang yang membutuhkan.

    Seperti halnya hari perayaan pada umumnya, Idul Adha juga memiliki makna mendalam bagi kehidupan iman umat Islam. Setidaknya ada tiga makna yang menyertai perayaan Hari Raya Idul Adha, yaitu:

    1. Momen pelaksanaan ibadah haji

    Hari Raya Idul Adha merupakan momen puncak ibadah haji. Haji sendiri merupakan rukun Islam kelima di mana wajib dilakukan oleh seorang muslim yang mampu melaksanakannya.

    2. Perintah Allah SWT kepada manusia untuk berkurban

    Melalui kisah Nabi Ibrahim, Allah SWT memerintahkan umat manusia untuk menunaikan ibadah kurban. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kebersamaan dan ajaran untuk berbagi terhadap sesama manusia.

    3. Turunnya wahyu terakhir dari Allah SWT untuk Rasulullah SAW

    Jika Idul Fitri merupakan momen turunnya wahyu pertama Allah SWT kepada Rasulullah, maka Idul Adha adalah momen yang dipilih Allah SWT untuk menurunkan wahyu terakhir kepada Nabi SAW. 

    Wahyu tersebut berbunyi:

    "Alyauma akmaltu lakum diinakum, waatmamtu 'alaikum ni'matii waradliitu lakumul Islaama diinaa."(QS. Al-Ma'idah :3)

    Artinya: "Pada hari ini telah aku sempurnakan bagimu agamamu dan telah aku sempurnakan nikmatku atasmu dan Aku rela Islam sebagai agama bagimu."

    Semoga Idul Adha pada tahun ini kita bisa melakukan qurban dan haji, yang belum bisa berqurban dan berhaji tahun berikutnya bisa melaksanakan hal tersebut serta hidup mati kita tetap menjadi muslim yang sempurna. (**)
    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru